Tips Aman Mengirim Barang Besar Lewat Ekspedisi

Tips Aman Mengirim Barang Besar Lewat Ekspedisi

Meskipun tidak sering, bisa saja suatu waktu Anda perlu mengirimkan barang dengan ukuran besar atau berat namun dalam jumlah yang sedikit. Begitu juga pada saat Anda belanja online dan barang yang Anda beli berukuran besar seperti barang pecah belah berukuran besar, barang elektronik dengan berukuran besar, dll. Yang membutuhkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi. Mungkin sebagian besar dari Anda juga akan berpikir bagaimana caranya supaya pengiriman barang dengan ukuran besar jadi lebih aman melalui jasa pengiriman ekspedisi.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengirim barang besar melalui Ekspedisi:
Sebelum memastikan kemasannya aman untuk pengiriman, pastikan barang yang akan dikirim tidak rusak dan masih berfungsi dengan sangat baik. Hal ini baik dilakukan agar Anda bisa mengetahui jika ada yang rusak selama barang atau produk dalam proses pengiriman.
Jika barang yang dikirim memiliki mode yang dapat dibongkar pasang, sebaiknya barang tersebut dibongkar terlebih dahulu sebelum dikirim, hal ini dapat membuat kemasan barang lebih efisien dan ongkos kirim Anda jadi lebih murah juga!

Kemudian sesuaikan jenis kemasan dengan barang yang akan dikirim, berikut adalah beberapa contoh kemasan yang dianjurkan agar barang yang Anda kirim tetap aman selama di perjalanan:
1.Kardus / Carton Box Tarif Pengiriman Ekspedisi Barang Surabaya Tujuan Samarinda

Kardus atau Carton box ini dapat Anda gunakan untuk mengirimkan barang-barang besar namun tidak mudah rusak yang disebabkan oleh benturan seperti Boneka berukuran besar, kain berukuran besar, dll. Dikarenakan kardus tidaklah cukup aman untuk dipakai sebagai kemasan barang atau produk yang rentan rusak akan benturan. Meski demikian, kardus juga memiliki beberapa jenis, berikut ini adalah jenis – jenis dari kardus dan referensi penggunaannya terhadap pengemasan barang:

Kardus Single Face Board : Adalah jenis kardus dengan gelombang lembaran karton yang terdiri dari satu lembar liner dan memiliki satu lapisan gelombang atau disebut juga fluting. Biasanya kardus jenis ini digunakan sebagai pelindung barang – barang seperti mebel atau hasil industri kayu yang tidak perlu dikemas dalam kemasan kotak karton agar pada saat proses pengiriman barang dalam kontainer barang tersebut tidak lecet dan sampai di pelanggan dalam kondisi yang masih bagus. Selain untuk penggunaan yang telah dijelaskan tersebut, saat ini telah berkembang suatu jenis kotak karton gelombang yang sudah menggunakan lapisan kertas cetak offset. Box cetak offset menggunakan single face yang dilaminating dengan kertas duplex coated / boxboard / ivory board atau art board.

Kardus Single Wall Board : Kardus jenis ini hanya memiliki lembaran karton gelombang yang terdiri dari satu lembar liner dan satu lapisan gelombang atau yang dapat disebut juga fluting. Kardus jenis ini biasanya digunakan untuk kemasan barang yang tidak mudah rusak seperti mie instan, air mineral, snack, Dll.

Kardus Double Wall Board : Adalah lembaran karton dengan gelombang yang terdiri dari tiga lembar liner dan dua lapisan gelombang atau yang dapat disebut juga sebagai fluting.Biasanya kardus jenis ini banyak dipakai sebagai kotak karton gelombang untuk barang-barang yang membutuhkan perlindungan besar seperti minyak goreng dalam kemasan plastik (pouch), margarine, dan barang-barang yang cukup besar seperti televisi, kulkas dll.

Kardus Triple Wall Board : Kardus jenis ini memiliki lembaran karton gelombang yang terdiri dari empat lembar liner dengan tiga lapisan gelombang atau yang dapat disebut juga sebagai fluting. Triple Wall biasanya tidak banyak digunakan pada umumnya karena selain harganya mahal juga tidak banyak barang yang membutuhkan kemasan sekuat triple wall. Biasanya triple wall dipakai sebagai alas pallet supaya barang yang disimpan tidak rusak.